Ciri-Ciri Bisnis Online Bodong, Scam, atau Penipuan

August 25, 2022 0 By adminworkforce

Bisnis online bodong semakin menjadi masalah yang mengkhawatirkan seiring dengan perkembangan bisnis online. Maka anda harus mengetahui Ciri Bisnis Online Bodong. Bahkan beberapa pembaca mungkin pernah menemui kasus penipuan dalam bisnis secara online ini. Bentuk-bentuk penipuan bisnis online atau bisnis bodong bisa terjadi pada pelaku usaha dan konsumen. Keduanya memiliki potensi terkena penipuan saat melakukan bisnis secara online. Dalam kasus pelaku usaha, misalkan ketika akan menjadi reseller dan dropship. Beberapa pelaku usaha pernah mengalami penipuan dimana telah mentransfer uang tapi hasil yang diinginkan tidak didapat. Dalam kasus konsumen, beberapa konsumen mungkin mengalami masalah penipuan online. Dimana barang yang dibeli tidak datang dan hanya barang bodong saja (alias tidak ada barangnya).

Untuk menghindari bisnis online bodong tentu kita perlu mengetahui ciri ciri bisnis online bodong. Dan selalu berhati-hati saat memulai bisnis. Ciri yang pertama, adalah banyaknya komentar buruk yang bisa ditemui tentang bisnis tersebut. Seperti kata pepatah, bangkai akan tetap busuk meskipun disembunyikan. Bisnis yang merupakan scam atau penipuan tentu juga memiliki celah untuk diketahui. Yaitu melalui testimoni orang lain. Yang kedua, pelaku bisnis bodong cenderung membatasi informasi tentang barang tersebut. Yang ketiga, pelaku bisnis bodong cenderung menggunakan alamat usaha yang palsu.

Baca Juga :  Bisnis Online Cara Untuk Menjadi Kaya

Tidak jarang alamat usaha dicantumkan dalam bisnis online. Alamat yang diberikan oleh pelaku bisnis bodong memiliki kecenderungan alamat palsu yang bisa dicek kebenarannya. Yang ketiga, pelaku bisnis bodong cenderung membatasi kontak dan sering tidak menjawab pertanyaan, konfirmasi, dan chat dari konsumen atau pelaku usaha yang ingin bekerja sama. Yang keempat, harga yang ditawarkan oleh pelaku bisnis bodong sangat menggiurkan hingga masuk kategori tidak masuk akal. Jika anda menemui bisnis dengan ciri-ciri tersebut sebaiknya anda meningkatkan kewaspadaan.

Meskipun tidak semua bisnis online adalah bisnis online bodong, tidak ada salahnya seseorang berhati-hati ketika menjalin kerja sama baik sebagai konsumen atau patner. Dengan kehati-hatian, kita bisa menjaga hasil yang kita inginkan tetap berada pada apa yang kita perkirakan. Mengumpulkan banyak informasi menjadi kunci dari perlindungan diri dari segala tindak scam, penipuan, dan tindakan-tindakan merugikan lain.

Baca Juga :  Tim Sepak Bola China